Diposkan pada truestory

PENDEWASAAN DARI REALITA

Halo

It’s been long time udh gak nulis lagi disini..
banyak hal yang terjadi beneran kayak roller coaster.
Oia, gua sambil dengerin good days – SZA candu bangeeett hihi..
belakangan ini lagi coba beberapa hobi salah satunya nyanyi, sepedahan, dan juga painting udh mulai mengurangi durasi maen di sosmed.

Ngomong2 soal pendewasaan ada yang bilang pendewasaan itu dari apa yang kita alami dan jadi pembelajaran. Yesss ternyata benar.

Diumur gua yang 24 ini banyak yang sebenernya gua males pikirin tapi selalu ada ya apalagi kalau bukan masa depan. Dan diumur sekarang, gua harus lebih wise lagi dalam bersikap disaat ada aja orang yang bikin kita kayak ngerasa unwanted dan kita kayak gak yakin sendiri apa mau kita apapun ambang dan hampa.

Belakangan ini, gua menyadari aja banyak banget yang ngeremehin dan mempermalukan gua gua. Ya semua orang pasti pernah dalam situasi kayak gitu. Dan almost my friend bilang gua ini naïf dan polos karena emang gua gatau dan bingung mau reaksi apa jadi ya gua hide aja beneran sampe kayak semua orang yang ada disekitar gua selalu ngeremehin dan mempermalukan gua sampe gua kayak kaget sendiri yang mostly temen2 gua. Itu yang bikin gua mikir dan membenarkan omongan mereka.

Oke jadi gua cerita ya..

Waktu itu gua ditawarin jadi pager ayu sama temen gua. Dan gua meng’iyakan karena selain mau bantuin temen gua untuk bantuin temennya juga dan kali aja ada jodoh gua kali ya disana wkwkwkwkw gapapa usaha aja dulu yak an. Oia gua lagi deket sama seseorang waktu itu tapi skip aja dah udh move on juga.

Jadi gua janjian nih jadi pager ayu ber 3 sama temen gua ini. Gua seneng dong kayak waktu kita qtime gitu ber3 disaat pada sibuk semua dan disana juga yang punya hajat jg orang kaya juga jadi ya u know lah digedung mostly makanannya jg enak enak semua hmmm yummyyy.

Tapi ya  gitu dadakan banget kayak 2 minggu sebelum nikah tuh temen gua baru ngabarin gua. Gua sih kayak “yaudalah lagi gabut juga” gua okein dah tuh. Sampe salah satu temen gua yang bareng sama gua ini kayak mikir “eh keknya kita kayak dijebak deh masa dia gaada confirm bareng sama kita?”. Gua tetep posthink aja yak an kali aja emang dia sibuk pacaran makanya dia ga hubungin kita lagi.

Sampe akhirnya dia bilang buat fitting baju kita (baju dari sana kecuali kerudung) ya mikir dong duh gaada lagi kerudung macem gitu, bingung jg ini gimana biaya lagi. Dan ketika liat venuenya njir jauh kalo pp aja kita bolak balik cepe wkwkwkw. Ya yaudalahnya..

Sampe sana tuh subuh2 berangkat tuh, sampe ngedumel juga. Temen gua ini sih mikir kayak “ah paling dia didandaninnya nanti kali kita dulu keknya”. Sampe sana.. kayak kaget aja kita jadi pager ayu yang dimana kita sendiri ga kenal2 amat sama yang nikah WKWKW ngakak gak tuh. Apalagi masuk ke ruangan yang beneran ada keluarga si mempelai wanita dan ditanya. “eh kalian temennnya si a ya?” gua sama temen gua kayak ketawa ringan aja “ohh.. ehehe iya tante.. temennya temen dari temen” bingung kan lu? Wkwk. Seengaknya disana gua ngerasa gak dibedain dan semuanya welcome aja sama gua. Gak kayak dipikiran gua yang orang kaya gitu suka beda2in. gua punya temen kayak gitu yang ortunya gamau temenan sama gua karena gua berasal dari keluarga yang biasa aja. Disini gua pure bener bener do the best aja dan disini gua KERJA.  

Sampe selesai didandanin dan pake baju I look at mirror dan mikir “OHH DAMNNNN GUA CANTIK YA NJIR TERNYATA WKWKW” sayang saat itu lagi ada virus covid jadi kita sesuai protocol kesehatan pake masker dan gua gabisa memancarkan kecantikan gua ini *ok autornya skip aja -_-

Gua do the best aja, liat orang kaya banget banget ya dandanya elegan  tapi keliatan kalo dia itu kaya kek gitulah gua seneng WOnya jg baik banget mau nyapa dan kasih tau apa yang harus kita lakuin selama disana. Oia nanti WOnya mereka ajadeh kalo nikah wkwkwkw. Sampe tatapan gua tertuju sama orang yang gak asing, yaitu ex bestfriend gua yang gua ceritain di awal kalo mamanya ga setuju temenan sama gua karena gua berasal dari keluarga biasa. Gua coba dm ex bestfriend gua itu. “apa kabar? Lu ada di kondangan xxx gak?”. Katanya “oh iya, ada apa ya?”. “gua ada disini” kata gua. “ohh gitu” katanya. Dan jujur gua agak sedih reaksi dia gitu, kita udh berpuluh tahun gak ketemu tapi reaksi gua gitu. Ahhh iya gua baru inget gua aja gak dianggep sahabat WKWKWKW emang hobinya nyakitin diri sendiri.

Gimana ya,, gua tipikal orang yang menomor duakan sahabat yang pertama keluarga. Gua mikir dia itu bagian dari masa muda gua. Semua orang yang deket sama gua itu orang yang akan deket sama gua disaat gua tua nanti. Lagi2 realita kayak nonjok gua aja gitu. Ekspektasi diri ini terlalu berlebihan untuk orang yang gatau kalo kita ini mengharapkan dia gitu.

Sampe gua ada disituasi yang gaenak. Temen gua samperin gua dan ternyata dia record gua nyambut tamu. Meskipun dia gak post tapi gua sedih aja dia boongin gua dan dia dateng bareng pacarnya disaat gua sama sahabat gua struggle berduaan nunggu dia. Dengan sedikit basa basi tbtb sahabat gua samperin gua “eh apa kabar? Kok lu disini”. Temen gua yang ini bilang “ahh diamah jomblo gabut juga makanya enak disuruh2nya mayan cepe dua cepe mah yak an ya?”. Lu tau perasaan gua gmn?  Bayanginnya lagi aja gua udh gasanggup. Gua KAGET SEKAGET2NYA .. perasaan gua kayak kosong aja. Gua akuin temen gua ini berjasa banget bantu finansial gua dulu ketika gua susah. Dan gua dianggep temen miskin yang gabut doang dimatanya?. Gua berusaha kalem sambil bengong ketawa ringan dan membenarkan omongannya. Temen gua yang barengan sama gua diem aja karena jujur kaget juga. Sehabis acara itu gua masih senyum2nya buat foto sama penganten.

Apa menjadi jomblo suatu kesalahan? Kehinaan? Pencapaian terburuk? Gua udh berusaha keras buka hati. Gua berusaha keras buat kenal sama orang yang gak gua kenal. Dan semua berakhir gak baik. Gua terlalu banyak ketemu sama cowok aneh dan gua prefer mending gua sendiri sampe saatnya gua yakin kalo dia tepat buat gua. Ini masalah timming dan ini belum timming gua. Kenapa pada blaming gua? Ini bukan kemmauan gua. Gua jg bingung kenapa. Gua jg pengen kayak orang2.

Sampe selesai acara gua dikasih fee dan makan dan gatau kemana makanannya ilang dong wkwkw. Gua ganti baju dan hapus make up gua. Dikamar mandi gua bengong sambil mau nangis tapi gua rasa ini bukan saat yg tepat gua nangis. Gua masih kepikiran aja omongannya dia. Selama perjalanan balik dari hotel temen gua laper mau ke MCD yang ada disebelah gedung.

Sehabis mesen gua baru nangis sejadi2nya disana. Dan ada juga yang bkin gua kesel yaitu gebetan gua saat itu ga nepatin janjinya. Tambah lagi gua broke banget. Selama di mobil perjalanann pulang gua tetep aja bengong. Baru pas dirumah gua nangis. Gua cerita sama mama gua perihal ini. Ortu gua sedih aja gua selalu direndahin orang. Dan emang baru2 ini jg gua direndahin jg sama rekan kantor gua yang lama. Itu gua semakin mikir “ah apa gua beneran begini ya?” justru gua malah bikin gua seminder itu lagi.

Jadi inget pas gua di wisma gua jalanin konseling psikiatri mental health gua yang gua rasa udh ngeganggu banget gua sering cemas dan gua ngerasa gua terlalu underestimate diri gua sendiri. Gua sellau ngerasa selalu ada yang kurang dalam diri gua. Gua gak kompeten, gak berharga, gak berhak dicintain dan mencintai siapapun. Pikiran itu selalu ada otak gua. Dan psikolog tu bilang gua gaboleh minder tapi tetep aja ya jujur gua lebih baik dari kemaren2 gua berusaha keras untuk ini. Gua udh berusaha kan?

Akhirnya gua sama temen gua ini kayak cukup tau aja dan gamau urusan lagi sama orang ini. Dalam hati gua berharap semua orang tau gua dan gak ngeremehin gua lagi akan gua bayar dengan prestasi dan usaha gua bisa berdiri sendiri. Gua gak butuh pengakuan mereka tapi gua berhak buat bahagia. Gua jg berhak untuk menjadi diri gua sendiri selama gak merugikan orang lain.

Sambil berdoa semoga keadaan lebih baik lagi, seperti lagu good days. Gua berharap hari itu segera datang dan semua rasa sakit gua berganti dengan kebahagiaan. Gua seneng saat ini allah baik sama gua.  Gua seneng ngelepas orang2 yang gak worth buat gua. Gua skrng udh gak begging ke orang supaya mereka stay sama gua. Kalo mereka stay ya stay kalo pergi yaudah. Gak maksa.

Penulis:

Rabbiyatul Addawiyah 10 May 97, Institute of STIAMI , Tax Division of PPLA Company Love Accoustic, Food, and Art

Tinggalkan komentar