Diposkan pada #askme

#ASKME HAL INI YANG DIRASAKAN KETIKA HARI PERTAMA KERJA

Halooo

Gua mau sharing sesuatu.. Sebenernya ini kek Riset kecil (helehh tinggi amat bahasa gua) ini semua dari curhatan temen-temen Gua yang sekiranya rata-rata udh kerja.

 

Okeyy cekidotttt

 

  • GABISA TIDUR

 

Dari rata-rata temen Gua yang udah kerja banyak lho diantara (Dan termasuk gua) yang besoknya kerja dihari pertama gabisa tidur! Kalo Gua ngerasain disana kaya. “Duhh gimana ya besok, Apa kerjaannya nyaman ga ya, apa rekannya gaenak semua, apa bosnya galak ga ya.. Dan apalah apalah”

 

Jadi intinya, Kaya Kalian pernah gak sih mau jalan jalan ketempat yang belom Kalian kunjungin trus Kalian gabisa tidur? Kaya gitudeh rasanya wkwk

 

  • SERBA SALAH

 

Ketika kamu masuk Hari pertama, kamu pasti ngerasa salah. Apalagi Ada jobdescnya yang diharuskan multitasking. Padahal Hari pertama itu “pencitraan Kalian” pasti mau  semuanya perfect. Diperusahaan, Ada training 3 bulan itu berarti kamu banyak diperhatiin. Jadi ya bgitudeh. Apalagi kamu pertama kerja, trus ngelakuin Hal yang tanpa kamu duga.. udah jelas itu.. ah gitu

 

  • BINGUNG SENDIRI

 

Karena setiap perusahaan punya jobdesc nya yang berbeda, awalnya memang kamu diajarkan gimana Cara mengerjakam project kamu. Tapi jangan salah, mereka bakalan rata-rata training kamu seminggu saja lhoooo.

 

Kerjaan pasti berjalan terus, Dan kamu ngerasa kamu masih belom paham apasih jobdescnya kamu sebenernya karena yang ngejelasin kecepetan atau kamu kurang fokus gituloo.. jadi yahh bingung sendiri

 

  • MERASA DIBEDAKAN

 

Ini sih iya banget, entah perasaan kamu, atau beneran.. itu emang beneran terjadi. Ada beberapa faktor sih kenapa ini bisa terjadi. Inget yaaaa kerjaan itutuh saling ‘sikut mensikut’ Demi jabatan. Bisa jadi kamu menurut mereka adalah ‘saingan tersembunyi yang bisa menggeser posisi mereka’

 

Entah istirahat kamu makan sendirian, entah kamu dijalilin, bahkan diomongin soal kinerjamu seharian. Bgitulah

 

  • MERASA BODOH SENDIRIAN

 

Yapp ini yang  gua alamin sendiri sih. Ketika dijelasin tentang jobdescnya. Gua cuma may nangis aja “duhhh kenapasi Gua bego banget” trus tiba-tiba ngeliat sekeliling. Rekan kantor Lu yang megang beberapa kerjaan. Yang lagi telpon lah, fotokopi lah.. dll.. intinya Kaya “Kita gatau”

 

  • MENTAL BREAKDOWN

 

Yapp inisih, Ada beberapa orang termasuk temen Gua yang punya mental breakdown. Dan akhirnya mereka nangis ditoilet karena Hari pertama memang melelahkan SANGAT. Itu tandanya Kita diuji lhoo kuat gaaa mental Kita. Bgitulah

 

At least, Gua Tau ini gamudah. But, selama Kalian punya NIAT sekali lagi NIAT buat beradaptasi, Kalian bakalan enjoy kok dengan pekerjaan Kalian.

 

Yah meskipun perlu waktu berbulan-bulan

 

Tapi ingetlah, ketika cape Dan gajian Tiba.. rasanya ilang semua. Seriusannnn

 

Byebyeeeeee

Iklan
Diposkan pada #rekomendasi

#Recomendation playlist yang selalu di Play kalo Hujan

Recommend, Lagu kpop yang menggambarkan “aku masih menginginkanmu”

 

BTOB  – Missing you

SHINee – Aside

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalian Tau Kan hujan-hujan bawaaannya pasti selalu Kaya ngegalau, mikirin sesuatu, like bengong Aja gitu.. bahkan Ada yang memanfaatkan moment ini dengan mikirin mantan? WKWKWKWK

 

Udah ah cekidotttt

 

  • TAKE – RAINY DAY

 

Berapa puluh Kali Gua bahas lagu ini. Walaupun underated tapi Gua beneran suka lagu ini. Dengan accoustic ditambah dengan 2 orang oppa yang halus banget suaranya.. cocok banget bikin Gua galau max! Kalo dengerin lagu ini pasti kebawa bawa ‘curururu~~~ curururu~~”

 

Sering Gua play : ❤️❤️❤️❤️❤️

 

Kalo mau liat mvnya : https://www.youtube.com/watch?v=HDYAGD2TTcQ

 

  • BEAST – ON RAINY DAYS

 

Lagu ini sih gausah ditanya lagi.. sebenernya Gua pengen ngebawa lagu when I miss you.. tapi keknya dari tema ini ajadeh yang masuk.. lagunya enak parah.. siap membawamu di zona galau wkwkwk

 

Sering Gua play : ❤️❤️❤️️

 

Kalo mau liat mvnya : https://newppla.ulbisoft.com/Sea_import_manifest

 

  • HEIZE – YOU, CLOUDS, RAIN

 

Lagu ini sebenernya masih ga lama lama banget sih rilisnya.. tapi Gua suka aja gitu. Gua suka pas liriknya ‘saenggagi nasseo…saenggagi nasseo geurasseo’ dalem banget ah sudalah

 

Sering Gua play : ❤️❤️❤️

 

Kalo mau liat mvnya : https://www.youtube.com/watch?v=afxLaQiLu-o

 

  • SOYOU FT BAEKHYUN – RAIN

 

Setiap denger lagu ini pasti deh di play terus terusann! Keknya 2 orang ini nyanyinya dalemmmmm banget.. dimobil denger lagu ini trus ujan.. jalanan Jg agak macet.. ga ngerti lagisih bisa bikin mewek yg Ada wkwkw

 

Sering Gua play : ❤️❤️❤️❤️❤️

 

Kalo mau liat mvnya : https://www.youtube.com/watch?v=6rj3h-cEqgg

 

  • BAP – RAIN SOUND

 

Lagu ini mah lagu lama.  Selain enak, lagu ini jg cocok sama tema yang bakalan Gua bawa Hari ini.. backsoundnya jg Ada suara rainnya gitu.. Gua paling demen suara awal sih

 

Sering Gua play : ❤️❤️️

 

Kalo mau liat mvnya : https://www.youtube.com/watch?v=7ghpiNIKGIo

 

  • BTOB – WHEN IT RAINS

 

Pertama Kali Gua denger ini lagu Kaya. Lagu lama gitu ya kan terus dikemas begitu baik. Pas banget nemenin disaat hujan. Walaupun rilisnya ini baru bulan ini tapi coba ajadeh dengerin. wagelasih ini lagu parah bagus. Ini lagu emang Ya Kalian Tau semua lah btob itu semuanya bisa nyanyi.. Liriknya jg sedih…

 

Sering Gua play : ❤️❤️❤️❤️❤️

 

Kalo mau liat mvnya : https://www.youtube.com/watch?v=2urMSQ2Ms9o

 

  • 2NE1 – MISSING YOU

 

Mana blackjack??? Emang 2ne1 kalo bikin lagu semuanya bagus. Pertama keluar booming banget lagu ini. Sedih Juga.. makanya Gua rasa cocok banget untuk dibawa ke tema gua.

 

Geuriwoeo~~~~

 

Sering Gua play : ❤️❤️❤️❤

 

Kalo mau liat mvnya : https://www.youtube.com/watch?v=AG0jlKdB1s0

 

  • SHINEE – DON’T LET ME GO

 

Lagu ini beda sama genre yang dibawain shinee sebelumnya. Emang bias Gua suka eksperiment sama beberapa macem lagu. Terutama lagu rain Kaya gini. Dan salah satunya Gua kangen suaranya..

 

Ada suara hujannya.. gitulah Gua gbs berkata Apa APA.. apalagi rappnya.. serasi sekali

 

Sering Gua play : ❤️❤️❤️❤️❤️

 

Kalo mau liat mv ya : https://www.youtube.com/watch?v=AobsNlp7DBE

 

  • EPIC HIGH FT YOUNGHA – UMBRELLA

 

Lagu ini udh lama banget Kalo gasalah. Pertama denger lagu ini enak sih. Di Korea jg lagu ini sangat terkenal pada Masa itu. Intinya sukses buat ngegalau !!

 

Sering Gua play : ❤️❤️️

 

Kalau mau liat mv ya : https://www.youtube.com/watch?v=n9UDLRW2C1Q

 

  • KIM TAE WOO – DROPPING RAIN

 

Kalo Kalian pencinta drama Korea yang lumayan lama. Kalian pasti Tau ini ost dari Personal Taste yang maen Lee Min hoo

 

Lagu ini Jg gakalah sedih paling Max dehh

 

Sering Gua play : ❤️❤️❤️❤️❤️

 

Kalau mau liat mv ya : https://www.youtube.com/watch?v=wOzddxAoydc

 

  • TEEN TOP – LOVE IS

Karena judul mereka ada 2 ya yang ini love is.. yang dari album exito. Lagu ini kaya semi accoustic dan juga ini lagu teentop ter-enak yang sesuai dengan genre yg gua suka.

Sering Gua play : ❤️❤️❤️❤️❤️

 

Kalau mau liat mv ya

 

 

Sekian dulu yaaaaa

 

Makasihhh~~~~

 

Diposkan pada Tak Berkategori

#RECCOMEND HAL YANG HARUS KALIAN PERHATIKAN KALAU MAU KULIAH SAMBIL KERJA!

HELOOOOO

Welcome to my blog!!!

Btw, kuliah aku lagi libur panjang nih makanya bisa curhat dan sharing di blog ini (lagi)
maaf yaaa~~~~

Kali ini aku mau bahas  persiapan atau hal yang bisa kamu perhatiin sebelum kamu kuliah sambil kerja! Apa ajasihhh??

  1. Kamu harus mikir gimana planning kamu dulu (bener mau kerja apa kuliah)

Karena tbh.. kerja kuliah itu gamudah.. sebenernya gimana kamunya ajasih

  1. Kalau memang kamu kerja sekarang, dan lagi cari info-info juga mau kuliah dimana, kamu harus bisa tau jarak pasti dari tempat kerja kamu menuju kampus. Jangan kejauhan! Kalau kejauhan, kasian kamunya cape iya.. kadang ada dosen yang gabolehin kamu masuk walaupun kamu udh cape2 dari kantor yang dimarahin bos lah banyak kerjaan lah apalah..  dan banyak alasan lainnya. Meskipun GAK SEMUA kuliahan kaya bgitu ya
  2. Setelah udah cari info jarak, kamu jg harus survei tempat yaaa, dan juga berapa biaya yang harus kamu keluarkan semasa perkuliahan. INI YANG PALING PENTING. SESUAIKAN BUDGET KAMU (kalau kamu mau kuliah dengan uang kalian sendiri kaya aku).
  3. Membahas lebih dalam tentang budget. Kamu hrus pastiin berapa biaya pangkal awal, biaya nanti perkiraan diluar perkuliahan. Sesuaikan dengan GAJI KAMU. (tbh aku memulai ini dengan perencanaan yang agak sebrono karena ya dibilang cukup cukupin kaya gali lobang tutup juga dan akhirnya jadi berusaha juga buat mikir gimana cari tambahan). Dengan kamu tau perkiraan itu, insya allah deh bayar biaya kuliah bisa tepat waktu dan tanpa didesak sama bagian keuangan.
  4. Jika kamu NIAT buat kuliah sambil kerja PLEASE!! Tahan HEDON KAMU

Kuliah itu biayanya ga kaya kursus ya.. jadi sebisa mungkin kamu harus TAHAN sama ancaman BAJU, SKINCARE, JUGA SHOPPING2 MAKANAN ENAK YA huhuuhhuuuu (curahan hati beud) KECUALI kalau kamu ada uang lebih, kalau kamu punya bonus intinya adalah uang nganggur sih OKOK BAE

  1. Kamu harus punya BADAN YANG KUAT! Bener ya kuliah sambil kerja itu harus punya stamina yang kuat, gak gampang sakit-sakitan. Kasian kamunya ntar jadi ga konsen dikelas, sering absen dan efeknya nilai kamu jadi ikut2an jelek. Diimbangin aja, jangan suka makan telat, makan jangan sembarangan, trus kurangin aktifitas diluar kalau badan kamu ga kuat, dan gitudeh.
  2. Dengan itu, kamu bisa tuh yang namanya ngatur keuangan kamu sendiri, serius dah aku kaya gini. yaaaa walaupun ga semua orang sih.. intinya adalah NIAT.
  3. SESUSAH APAPUN KAMU MENJALANI PERKULIAHAN kamu pasti mikir LU UDAH BAYAR MAHAL BUAT KULIAH so lu gabakalan lagi namanya bolos, atau males-malesan. INTINYA ADALAH..

‘gua udh keluarin uang gua demi kuliah, gua sampe rela ga hedon, ga beli makanan yang gua suka demi bayaran’ please kalian harus bisa, sekejam apapun dosen.. karena kamu udah ‘masuk’ kedalam sini.. so kamu tinggal berenang atau tenggelem..

Dari semua itu, aku kayak dapet manfaat dari sini

Dengan kerja dan kuliah aku bisa manage waktu aku, mulai mikir ‘ohh keknya lebih baik gua gini lho dripd gini’. Aku jg bisa kaya menahan nafsu aku untuk gak beli sesuatu yang bener bener gak perlu, lebih realistis. Dan bisa manage keuangan juga.. ya gimana kamunya ajasih ..

Tapi, diantara itu

Pergolakan batin adalah dimana berusaha untuk konsen dalam matkul gimanapun .. gua jg waktu itu kek struggle gitu ‘kenapasih gua gamasuk2 dah belajar’ duh miris dah

Intinya adalah semangat!

Kuliah sambil kerja itu emang gamudah

Semuanya jg ada yang harus dikorbankan.

Diposkan pada Tak Berkategori

KENAPA KALIAN TIDAK BOLEH MELAKUKAN SEKS SEBELUM NIKAH?

Halo!

Long time not see you..
yes! My reader

Maaf ya aku belum bisa posting tulisan apapun.. selain sibuk aku juga sibuk banget mudik dan juga sibuk nonton drama korea ditambah lagi sekarang ada drama taiwan baru meteor garden!!!!!! /ditimpuk

 

Belakangan ini juga aku lagi suka banget mantengin twitter. Yap! Aplikasi yang mungkin udah tergerus jaman(?) tp aku suka banget berada disana.

Oh ya! Dari judul yang ada, kenapa aku mau bahas ini karena ini sangat penting

https://twitter.com/tubirfess/status/1019165513249722368

jadi, ada yang nanya di base ini

tapi aku simpulin aja yaaaa

 

jika kamu berbuat sex / berhubungan badan dengan pacar ataupun dengan orang lain apa sih yang bakalan kamu alami?

  1. Dia belum tentu jodohmu. (Iyadong! Kalau kamu melakukan itu, dan gataunya kalian putus berarti dia bukan jodoh kamu?)
  2. Kamu gatau apakah ketika kamu sudah melakukan ‘itu’ dia bakalan stay sama kamu apa engga.
  3. Kamu menyesal, karena melakukan hal itu
  4. Sekali kamu melakukan itu, kamu pasti akan ketagihan.
  5. Lama-lama kamu khawatir dan juga stress karena takut hamil (yang diantaranya masih sekolah dan juga tidak memakai pengaman saat melakukan hal itu).
  6. Bahkan jika kamu hamil, kamu akan stress berat karena bingung ini anak mau dilahirin apa tidak.
  7. Kalaupun kamu takut ketauan kalau kamu hamil, kamu pasti akan berbuat berbagai macam cara sampai keguguran bahkan aborsi (jangan ditiru).
  8. Kalau kamu tidak hamil, kamu pacaran dengan orang lain lagi, kamu pasti bakalan melakukan seks. Dan berpikir sudah pernah berhubungan badan dengan pacar kamu yang sebelumnya.
  9. Karena keseringan berbuat hal tsb, kamu merasa kamu tidak berharga lagi.
  10. Kamu tidak bisa tidur, bahkan makan, dan kamu ada kecendrungan untuk bunuh diri dan terancam terkena depresi
  11. Kamu bisa terkena PMS (Penyakit Menular Seksual)
  12. Karena kita hidup di Indonesia dengan adat ketimuran yang sangat kental, kamu pasti dipandang rendah sama orang disekelilingmu. Dijadikan ‘popcorn’ yang renyak bagi orang lain (jadi pergunjingan)
  13. Itu yang buat kamu menarik diri dari lingkungan luarmu

 

 

Thanks to @btrflyx di twitter dan juga @tubirfess
karena kalian, aku punya topik buat tulis ini!

byebyeeee

Diposkan pada pajak

RESUME PENGHASILAN ORANG PRIBADI

Cr. Dosen STIAMI
selaku auditor di KPP
sebelum copas ijin dahulu..

Pengertian PPh diatur didalam pasal 1 Undang-Undang Pajak Penghasilan ( UU PPh) bahwa PPh dikenakan terhadap subjek pajak atas penghasilan yang diterima atau diperolehnya dalam tahun pajak.

 

SUBJEK PAJAK ORANG PRIBADI

Pasal 2 ayat (1) UU PPPh, disebutkan yang menjadi subjek pajak :

  1. Orang pribadi dan warisan yang belum terbagi sebagai kesatuan, menggantikan yang berhak;
  2. Badan; dan
  3. Bentuk usaha tetap (BUT)

 

Subjek Pajak Dalam Negeri Dan Subjek Pajak Luar Negeri

Di dalam pasal 2 UU PPh subjek pajak orang pribadi dibagi menjadi subjek pajak dalam negeri (SPDN) dan subjek pajak luar negeri (SPLN).

  1. Subjek Pajak Dalam Negeri                                     Yang menjadi subjek pajak PPh yaitu :
  • Semua orang pribadi yang berad di indonesia,orang yang dilahirkan di indonesia atau orang asing yang berada lebih dari 183 hari dalam jangka waktu 12 bulan atau orang asing yang menyatakan niat tinggal di indonesia.
  • Orang pribadi tidak berada di indonesia tetapi mempunyai hubungan ekonomis dengan indonesia, dalam pengertian mempunyai penghasilan yang bersumber dari indonesia.

 

  1. Subjek Pajak Luar Negeri

Merupakan subjek pajak yang terdiri dari : Orang pribadi yang tinggal kurang dari 183hari atau             Orang pribadi yang tidak tinggal di indonesia atau badan asing yang memperoleh penghasilan         dari indonesia.

 

Bentuk Usaha Tetap (BUT) Bagi Orang Pribadi sebagai SPLN

Adalah suatu tempat usaha (Place of business) yaitu fasilitas yang dapat berupa tanah dan gedung termasuk juga mesin-mesin dan peralatan.

 

Non Subjek Pajak Orang Pribadi

Sesuai dengan Pasal 3 UU PPh, yang tidak termasuk objek adalah :

  1. Pejabat-pejabat perwakilan diplomatik, konsultan atau pejabat-pejabat lain dari negara asin.Contoh : dute besar, konsultan, atase beserta keluarganya.
  2. Pejabat-pejabat perwakilan organisasi internasional yang ditetapkan dengan keputusan Menteri Keuangan dengan syarat bukan warga negara indonesia dan tidak menjalankan usaha atau        kegiatan atau ekerjaan lain untuk memperoleh penghasilan dari indonesia.Contoh : staf organisasi UNESCO, ILO

 

Warisan Yang Belum Terbagi

  1. Warisan yang belum terbagi yang ditinggalkan oleh orang pribadi sebagai SPDN
  2. Kewajiban pajak subjektif warisan yang belum terbagi dimulai pada saat timbulnya warisan dan berakhir pada saat warisan tersebut selesai dibagi.

 

PENGHASILAN ORANG PRIBADI

Pengertian Penghasilan

Menurut Pasal 4 UU PPh, didefinisikan sebagai : setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima (cash basis) atau diperoleh (accrual basis) Wajib Pajak, baik yang berasal dari indonesia maupun dari luar indonesia yang dapat dipakai untuk kosumsi atau untuk menambah kekayaan WP yang bersangkutan, dengan nama dan dalam bentuk apapun.

 

Sumber Penghasilan bagi Orang Pribadi

  1. Penghasilan Dalam Negeri
  • Penghasilan dari usaha dan kegiatan
  • Penghasilan dari pekerjaan bebas
  • Penghasilan dari pekerjaan dalam hubungan kerja
  • Penghasilan dari modal
  • Penghasilan lain-lain

 

  1. Penghasilan Luar Negeri

UU PPh menganut prinsip Worldwide Income, artinya penghasilan yang berasal dari luar negeri dengan nama dan dalam bentuk apa pun harus dilaporkan di indonesia.

 

PENGHITUNGAN PENGHASILAN NETO

Penghitungan penghasilan Neto bagi WPOP yang menggunakan norma dihitung dengan cara :

PENGHASILAN NETO = PENGHASILAN BRUTO X NORMA

Norma penghitungan Penghasilan Neto dikelomokkan menurut wilayah :

  1. 10 ibukota propinsi yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Badung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Manado, Makassar, dan Pontianak
  2. Ibukota Propinsi Lainnya
  3. Daerah lainnya

 

Penghitungan penghasilan neto bagi WPOP yang menyelenggarakan pembukuan dihitung dengancara :

PENGHASILAN NETO = PENGHASILAN BRUTO/OMZET – BIAYA 3M

Catatan : Biaya 3M adalah biaya yang dikeluarkan dalam rangka untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan.

 

 

Penyesuaian Fiskal

Penyesuaian fiskal dimaksudkan untuk menyesuaikan penghasiln neto komersial menjadi penghasilan neto fiskal. Penghasilan neto fiskal merupakan dasar perhitungan Pajak Penghasilan.

Penyusutan fiskal dapat dibedakan menjadi penyesuaian fiskal positif dan penyesuaian fiskal negatif :

  1. Penyesuaian fiskal positif

Penyesuaian fiskal positif akan menyebabkan bertambahnya jumlah pajak penghasilan terutang. Penyusutan fiskal positif dapat terjadi karena jumlah penghasilan secara fiskal lebih besar dari pada jumlah penghasilan secara komersial.

  1. Penyusutan Fiskal Negatif

Penyesuaian fiskal negatif akan menyebabkan kekurangan jumlah Pajak Penghasilan terutang.

 

Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)

Pasal 6 ayat (3) UU PPh, Menteri keuangan menetapkan penyesuaian melalui peraturan Menteri Keuangan Nomor : 101/PMK.010/2016 tanggal 22 juni 2016 dengan ketentuan :

  1. 54.000.000 untuk diri Wajib Pajak
  2. 4.500.000 tambahan untuk wajib pajak yang kawin
  3. 54.000.000 tambahan untuk seorang itri yang penghasilannya digabung dengan penghasilan suami.
  4. 4.500.000 tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah.

 

Penghasilan Wanita Kawin dan Anak yang Belum Dewasa

  1. Seluruh penghasilan atau kerugian bagi wanita yang telah kawin pada awal tahun pajak atau pada awal bagian tahun pajak, kerugiannya yang berasal dari taun-tahun sebelumnya yang belum dikompensasikan sebagaimana dalam pasal 6 ayat (2) UU PPh dianggap sebagai penghasilan atau kerugian suaminya.
  2. Penghasilan suami istri dikenai pajak secara terpisah.
  3. Penghasilan anak yang belum dewasa digabung dengan penghasilan orang tuanya.

 

PENGHITUNGAN PAJAK

Tarif Pajak

Tarif Penghasilan Kena Pajak bagi WPOP dalam negeri sesuai dengan pasal 17 UU PPh

  • Sampai dengan Rp. 50.000.000 Tarif 5%
  • Diatas Rp. 50.000.000 s.d Rp. 250.000.000 Tarif 15%
  • Di atas Rp. 250.000.000 s.d Rp. 500.000.000 Tarif 25%
  • Di atas Rp. 500.000.000 Tarif 30%

 

Pengembalian/Pengurangan PPh Pasal 24 yang telah Dikreditkan

PPh pasal 24 yang telah dikreditkan adalah selisih antara besarnya pajak yang telah dikreditkan dengan besarnya pajak yang dapat dikreditkan di indonesia.

 

PPh Kurang/Lebih Bayar

  1. Apabila jumlah pajak yang terutang satu tahun lebih kecil dari pada jumlah kredit ajaknya, setelah dilakukan pemeriksa, kelebihan pembayaran pajak tersebut dikembalikan setelah diperhitungkan dengan utang pajak.
  2. Apabila jumlah pajak yang terutang untuk satu tahun pajak lebih besar dari jumlah kredit pajaknya, kekurangan pajak yang terutang tersebut harus dilunasi sebelum SPT tahunan PPh.

 

ANGSURAN PPh PASAL 25

Salah satu implementasi dari asas pemungutan pajak “convinience to pay” adalah adanya sistem pembayaran pajak dimuka berupa PPh pasal 25 yang merupakan angsuran PPh yang harus dibayar sendiri oleh wajib pajak untuk setiap bulan dalam tahun berjalan.

 

WPOP yang memiliki Penghasilan Pengusaha Tertentu (WP OPPT)

Adalah wajib pajak pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha sebagai pedagang pengecer yang mempunyai 1 (satu) atau lebih tempat usaha.

Besarnya angsuran PPh pasal 25 dihitung sebesar 0,75% dari jumlah peredaran bruto (omzet) per bulan dari masing-masing tempat usaha.

 

Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013

Pemerintah mengaluarkan peraturan Nomor 46 Tahun 2013 tentang penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh WP yang memiliki peredaran bruto tertentu, dikebai PPh yang bersifat final.

 

Tarif

Besarnya trif Pajak Penghasilan yang bersifat final adalan 1%

 

Peredaran Bruto

Apabila peredaran bruto kumulatif WP melebihi jumlah Rp. 4.800.000.000 dalam satu tahun pajak, Wajib Pajak tetap dikenakan tarif pajak penghasilan 1%

Apabila melebihi Jumlah Rp. 4.800.000.000 pada satu tahun pajak, atas penghasilan yang diterima atau diperoleh pada tahun pajak berikutnya dikenakan tarif pajak penghasilan berdasarkan Undang-Undang Pajak Penghasilan.

 

Dasar Pengenaan Pajak

  1. Digunakan untuk menghitung yang bersifat final adalah jumah peredaran bruto tiap bulan
  2. Pajak Penghasilan terutang dihitung berdasarkan tarif dikalikan dengan dasar pengenaan pajak.

 

Analisis Biaya Hidup dan Tambahan Harta Kekayaan

  1. Analis biaya hidup

Untuk mengatahui besaran biaya hidup rata-rata sebulan setiap WPOP, seperti biaya rumah tangga, pendidikan, rekreasi, transportasi dan seluruh pengeluaran harian lainnya

  1. Analisis tambahan harta kekayaan

Untuk mengetahui tambahan harta kekayaan dalam suatu tahun pajak.

 

DAFTAR HARTA DAN KEWAJIBAN

Tujuan, Implikasi, dan Sasaran

Daftar ini digunakan untuk melaporkan harta dan kewajiban/utang usaha dan harta dan kewajiban/utang non usaha pada akhir tahun pajak.

  1. Tujuan
  • Sebagai sarana untuk melihat pertambahan harta dari tahun ke tahun
  • Sarana untuk mengungkap adanya kewajiban-kewajiban pajak yang lain berkaitan dengan harta: PBB, BPHTB, sewa, pajak-pajak final.
  • Untuk melihat pajak penghasilan yang belum dikenakan pajak
  1. Implikasi
  • Dikoreksinya SPT tahunan dengan adanya penerbitan surat keterangan Pajak karena penghasilan yang diterima tidak seimbang dengan jumlah harta.
  • Dalam jangka panjang akan terpantau bila terjadi penambahan dan pengurangan harta yang mempunyai implikasi terhadap kewajiban perajakan.
  • Daftar harta secara tidak langsung merupakan upaya pembuktian terbalik atas harta yang dimiliki

 

 

Jenis Harta

  1. Harta Tidak Bergerak
  2. Kapal dengan bobot mati lebih dari 10.000 ton
  3. Kendaraan (cantumkan merek dan tahun perolehannya)
  4. Uang tunai Rupiah, Valuta Asing sepada USD, simpanan, termasuk tabungan dan deposito di bank dalam dan luar negeri, serta piutang, dicantumkan secara global.
  5. Efek-efek (saham, obligasi, commercial paper) dicantumkan secara global
  6. Keanggotaan perkumpuln eksklusif (misal: keanggotaan golf. Time sharing, dan sejenisnya)
  7. Pernyataan modal lainnya dalam perusahaan lain yang tidak atas saham (CV Firma) dicantumkan secara global
  8. Harta berharga lainnya, misalnya : batu permata, logam mulia, dan lukisan dicantumkan secara global.
Diposkan pada Tak Berkategori

[EXPERIENCE] PENGALAMAN PERNAH KENA JAMUR KUKU? HIIIIII

Kali ini gua akan membahas sesuatu yang mungkin bisa berguna bagi kalian. Gimana sekarang gua bisa sembuh dari jamur kuku, gimana bisa dan gimana cara menanggulangi dan juga mengatasi jamur kuku ini.

Sebenernya jamur kuku ini terbilang agak susah buat sembuh total alias butuh waktu lama untuk ngobatinnya.

Iya awal kena jamur kuku itu ketika gua dan segala pola hidup gua yang gabener. Ya karena gua ini anak kuliah sambil kerja . (alesan lagidah huu #timpuk) iya karena juga kondisi saat itu emang hujan terus. Trus karena gua GAPERNAH KERINGIN KAKI GUA YANG KUYUB. Intinya sih lembab gitu.

Ketika kalian mau kemanapun dan dalam kondisi hujan dan kaki kalian basah banget. Sesudah itu coba kalian cuci kaki bersih terus elap pakai handuk terutama di sisi-si jempol kaki. Jadi kalo hujan kaki juga jangan dipaksain tetep pake sepatu, selain kuku jadi berjamur itu juga bikin kamu bau kaki.

Gua baru ngeh setelah gua ke jogja dan itu gua ngeliat kaki gua dari yang warna biasa berubah jadi pucat, setelah pucat lama lama ke kuning, dari kuning ke item, dari situ gua searching terus kenapa itu terjadi. Dari diagnosa dll gua masuk ke jamur kaki sedang ya. saking gua ga percaya, gua sampe ke puskes untuk berobat dan nanya kaki gua ini kenapa. Panik juga dan jijik liat kaki sendiri kek busuk gitu bentuknya L

(soalnya waktu itu batuk gua ga sembuh2 jadi sekalian periksa) gitu eh baru dokter saranin gue buat pake emtrix sebelum tidur biar resap ke dalam kuku. Tp gua tetep dikasih salep gitu untuk meringankan ya walaupun untuk jamur kaki dengan jamur kulit itu beda ya tapi ihktiar aja lah ya.

Sebulan.. gua liat gaada berubahan . dan akhirnya gua coba pake emtix karena udah gaada pilihan lain. Karena harganya yang menurut gua ya emang bikin shock ya dikarenakan emang bungkusnya itu kecil banget dan buat gua bertanya ‘apa ini worth gak sih ke ke kuku gue. Dan gua juga dapet info dari temen bapak gua ini kalo misalkan udah pake itu obat kukunya langsung ngelopek gitu..

 

I mean.. WHAT? Serem njir

Yaudalah gua ikhtiar terus pake. Karena gua orangnya ga sabaran lebih tepatnya tp lama lama warna itemnya berkurang.. trus karena emang kuku manjangin kan, gua potong yang itemnya eh lama lama ya berkurang dan menghilang!

Tapi ya gitu gua butuh proses untuk 3-4 bulan pertama pemakaian rutin baru keliatan hasilnya. Dan walaupun kuku gua ga sesempurna dulu yang tambah mendelep gitu. But so fat, produk ini emang bagus!

Untuk ngatasin jamur kuku, kalian boleh kok sebelum tidur tuh rendam kaki kalian ke baskom yang berisi garam dan air hangat suam kuku. Diamkan selama 20-30menit , baru bilas

 

Okeee sekian, MAKASIHHHH~~~

Diposkan pada Tak Berkategori

[TIPS] CARA CONVERT PULSA JADI UANG

Sebenarnya tips ini buat kalian yang habis di transfer atau punya pulsa banyak dan kalian bingung buat dipake apa lagi. Daripada kebuang sia-sia mending di convert jadi uang, lebih menarik bukan?

PERTAMA : Pastikan saldo pulsa yang ada di kalian itu berlebih. Misal, masih ada sisa saldo sekitar 60rb atau 50rb. Seengaknya keliatan di rekening kalian banyak (LOL)

KEDUA  : setelah itu tinggal langsung menggunakan jasa yang bisa convert pulsa jadi uang.

Kalo akusih pake OA di LINE (untuk pencarian klik @tukangconvert) atau ke link https://line.me/R/ti/p/%40tukangconvert setelah berteman kalian bisa langsung ngeline adminnya dan untuk RULEnya seperti apa.

Untuk RULEnya sih kalian nanti disuruh transfer ke nomor yang disediakan sama admin dengan tenggat waktu yang singkat yaitu 15 menit. Setelah 15 menit, nomor yang tadi dikasih sama adminnya otomatis bakalan hangus. Intinya sih kalian harus buru buru transfer pulsanya dan langsung konfirmasi ya jangan diem aja ok?

Udah selesai transfer (dan pastikan yang kamu pengen transfer itu nomornya bener) nanti dia kasih opsi, mau dikirim kerekening mana. Untuk rekening sendiri cukup lengkap ya, mereka punya banyak rekening jadi kita gausah khawatir kalo yang punya rekening bank yang langka.

Yaudadeh tinggal nunggu transferan uang dari adminnya.

END!!

 

BTS : iyaaa awalnya tuh gegara ikut BUZZER trus dapet transfer pulsa sampe 300rb.. bingung kan yaudah cari kesana kesini akhirnya nemu OA tukang convert pulsa. Karena tadi aku pake rekening BTPN trus dia ada. Jadi ya gitu semuanya jadi lebih mudah shayyy~

 

Sekian dulu yaaa byebye!

Np : day6 – hi hello

Diposkan pada #askme

[ASKME] WHAT’S YOUR DREAM BOY OR HUSBAND?

HALO GENGGG

 

Masih liburan nih wwkwwk

Kali ini gua akan buka-bukaan soal siapasih or apasih dream boy gua itu kek gimana. Oke ini emang gapenting banget but idk pengen share aja disini. Siapa tau ye kan gua beneran dapetin seseorang yang gua mau HEHEHE..

Sambil dengerin JAZ-KASMARAN HADOUHH HALUSINASI GUA DUH DUH

Pertama-tama, hm ga muna ya gua.. gua pengen banget sama cowo yang tinggi. Gua ngerasa kalo cowo tinggi itu kaya bisa ngejaga ceweknya itu omg kaya gituah. Seengaknya, tinggi gua dibawahnya dia gitu.

Kedua, gua pengen cowo yang jadi suami gua itutuh punya muka yang ga nyeremin. Karena gua punya bokap yang nyeremin, gua maunya yang macem tsundere wonwoo gituloh yang sangat kalo diem tapi kalo senyum meleleh gitu gua kek keju mozarella wkwkw

Ketiga, kalo soal umur sih gua maunya seumuran bisa, dibawah gua yah satu tahun lah ya wkwk, atau ga diatas gua max 5tahunan gitudeh. Why? Karena gua itu kurang suka yang tua banget takutnya sih kaya pemikirannya iyasih lebih dewasa. But, karena gua belom begitu  pengen nikah maksudnya kaya kalo cowo udh berumur kan pengennya udh nikah gitu.. yaa  u know lah ya..

Keempat, dia itu satu tujuan sama gua. Jujur gua ini orangnya berhati-hati entah itu hal sepele antara gua makan siang dikantor pake apa semuanya tuh kaya detail hati-hati banget. Jadi dia satu tujuan kalo emang gua mau menikah sama orang itu, gimana tujuan kedepannya. Dengan nikah jg kita berdua komit buat ngejar impian masing-masing dan ada ruang privasi buat diri sendiri. selain membesarkan anak, kita membahagiakan satu sama lain. Bgitulah wkwk

Kelima, gua pengen banget dia punya wawasan yang luas, dan pintar. Seengaknya dia punya ‘manner’ karena sorry gua ga suka sama cowo yang sengak dan apalagi sama orang tua tuh kek gitu.walaupun ganteng sekalipun ilfeel gitudah jadinya

Keenam, karena bapa gua itu udh ga ngeroko 5tahun yang lalu, dan emang bapa gua dari gua kecil gasuka kalo ngeroko itu didalem rumah. Gua jadi terbiasa gitu jadi jarang kena asap rokok gitu. Gua sih berharap suami gua nantinya itu ga ngeroko. Dan gua pengen menghasilkan anak yang sehat tentunya HEHEHE

Ketujuh, gua pengen suami gua itu selalu natap mata gua ketika gua ngomong sama dia. Dan lebih kaya respect gitu tentang ucapan yang gua ucapin dia kaya inget gitu. Karena jujur gua ga kaya gitu. Gua pernah kenal sama orang macem gini, but semoga aja gua nemuin orang yang punya sifat salah satunya ini. Gua emang ga bisa kaya gitu, tp  gua bakalan berusaha gitu biar bisa kaya gitu.

Kedelapan, gua suka banget sama cowo yang menghargai waktunya gitu, loyal dan royal HEHEHE. Tp gua bukan orang yang begitu kaya ‘eh lu kasih barang a b c’ tp gua yang kalo dikasih apa aja kaya seneng girang banget wkwkw.

Kesembilan, gua suka banget sama cowo yang suka anak kecil maupun suka sama hewan. Apalagi ketika mreka senyum kalo liat itu. OMG rasanya seneng gitu! Kalo suka anak kecil ya harus soalnya dia kan nanti bakalan punya anak tambah sayang deh~

Kesepuluh, gua suka banget makan. Tp ada beberapa makanan yang gua ga suka gitu kaya duren makanan dengan tekstur aneh dan bau kalo dimakan, dan terlalu manis itu gua ga suka. Jadi gua pengen cowo yang kaya doyan makan juga, INI  POINT tapi dia ga rewel mau makan apa.. istilahnya makan apa aja wkwk kaya gua gasuka kuning telor trus barter gitu dia kasih putihnya.kaya gua sama sahabat gua itu gituloh. Dan dia berusaha ngajak gua kalo sayuran ini bagus gitu gitu. (intinya sih healthy life)

Kesebelas, gua bukan orang yang kaya addict banget sama cowo yang demen ngegym2 gitu lah ya. gua kaya pengen suami gua itu kaya paham ‘ohh ini gasehat lho, eh harus olahraga nih’ intinya dia paham gitu kesehatan gitu. Kenapa gua mikir kaya gitu? Kalo sehat pasti kita bakalan ngabisin waktu sampe  tua nanti bareng anak anak ciaaaaa

Keduabelas, gua suka banget sama cowo yang bekerja keras, bukan berarti gua kaya workholic, but kaya dia tau proporsi dimana dia harus kerja keras, dimana dia musti ngejalainin prioritas lain, bertanggung jawab gitu. Dan menurut gua , gua yakin dibalik kerja keras pasti lama kelamaan bakalan mapan juga kok. Asal ga ninggalin aja pas udh mapan Eak!

Ketigabelas, gua pengen sekali yang jadi suami gua itu kaya bertolakbelakang sifatnya. Jadi kaya YIN N YANG gitu, gua ini kan orangnya pemikir ulung(?) dan juga kaya apa apa dibawa panik kan. Gua jadi pengen kaya orang itu ngomong atau kaya ngeyakinin gua ‘yaya ini gapapa’ udah selaw aja gitu, jadi kebawa tenang gitudah dan juga SABAR NANGANIN GUA KAYA GINI. I mean that,gua ini orangnya kalo suka gaje yagitu wkwkw dia memaklumi gua dan kita gila bersama wkwk kaya ngelakuin hal yang kita suka, yang belom kita lakuin sama sama, gitu traveling gitugitu dah soalnya gua suka jalan orangnya. Satu lagi gua suka dehnanti kaya suami gua ngajak gua ke suatu tempat yang belom pernah gua datenigin. Intinya kaya dia itu membuka wawasan gua lebih luas lagi. Karena gua orangnya punya rasa ingin tahu yang tinggi!

Keempatbelas sih, gua berharap suami gua ini koki. KWKWKWKW emang gila kan? Ya gua berharap dengan bacaan ini malaikat lewat dan dikabulin. Untuk koki gua mau dia koki yang di hotel-hotel gitu shay, kenapa? Karena gua itu cita citanya pengen itu. Kalo emang suami guakoki, gua pengen gua satusatunya orang yang cobain resep pertama yang dia buat,  trus masak bareng gitudah guamah  ::””))))). Selain itu, gua jg selain koki gua pengen banget punya suami desain interior kalo ga arsitek itu jg cita-cita gua sih :”)

Kelimabelas, entahlah cowo yang bisa benerin sesuatu itu entah itu ganti lampu, suka oprek-oprek sesuatu itu kaya point terbesar buat gua, intinya ga diem aja gitu dirumah. Intinya sih biar ga ke tukang servis yang berakibat gua diboongin wwkw. Lebih menghemat.. dan SIGAP! karena gua tipikal orang yang nekat. misal disuatu nanti gosokan rusak atau apa gitu, dia mau orang yang disuruh langsung jalan apalagi kan itu listrik kan. jangan sampe gua turun tangan gitu.

 

Gua sebenernya terinspirasi dari kake gua yang selalu bikin maenan buat gua gitu, kaya gitulah ,, sama pinter bebenah, WKWKWK kaya cuci piring, cuci pakean intinya dia mandiri gitu, kalo gua lagi hamil, ga nyuci di loundry gitu saling membantu ajasih. sampe dulu gua inget gua pernah suka sama tetangga gua yang gua males sebutinnya itutuh gua luluh gegara dia suka bantu-bantu mamanya dirumah ntah itu beresin piring ke pasar dia diatas gua 2 tahun jadi ya gua LULUH  :”)

 

 

INTINYA dari semuanya, gua pengen seseorang yang bisa gua andalkan, orang yang kalem pastinya karena gua apa apa grabak grubuk yah:”), gua pasti bakalan jadi istri yang emang rada nyolot orangnya. Intinya kalo gua misal gaboleh A B C blblabla gua butuh alasan logis kenapa gaboleh gitu. Sama dia menghargai uang, kenapa uang? Soalnya dengan itu kita ga jadi orang yang ‘gali tutup lobang’ itusih

UDAH AH GITU DULU BYE

Diposkan pada #rekomendasi

[REKOMENDASI] LAGU K-POP YANG MENGGAMBARKAN ‘MEMANGGIL KENANGAN’

Prolog :

Didalam kehidupan kita sehari-hari kita selalu berkaitan dengan waktu. Waktu itu sering kita habiskan untuk berinteraksi dengan orang lain, maupun keluarga atau sahabat. Dengan banyaknya kita menghabiskan waktu dengan seseorang terciptalah sebuah kenangan. Entah itu kenangan yang baik, maupun yang buruk sekaligus. Pada suatu saat ketika kita tidak bersama mereka, entah ia yang meninggalkan dan juga kita yang ditinggalkan. Sewaktu-waktu kita akan teringat, kenangan bersama orang tersebut, dalam kesibukan kita maupun ketika kita dalam kesepian..

  1. Akmu (Akdong Musician) – Time and Fallen Leaves

First time denger lagu ini, entah kenapa bawaannya tenang. Meskipun sepertinya lagu ini sepertinya lagu sedih dan sepertinya benar. Dengan pembawaan vocal yang sangat sempurna dari kedua bersaudara ini, arransementnya yang seperti autumn gitu.. Trus membawa kita kaya keruang kenangan yang kita pengen sekali ngulang hal itu lagi.. kaya kenangan masa kecil.. kumpul-kumpul keluarga.. Dan arti lirik tersebut juga 11-12 tentang seseorang yang memanggil kenangan yang membuat dia pengen ngebalikin waktu ketika kenangan itu menjadi nyata.

Link youtube : https://www.youtube.com/watch?v=7aFNez7DGTQ

 

  1. TAKE – Rainy Day

First time pertama denger lagu ini easy listening dan juga enak banget buat didenger terus terusan apalagi ketika hujan. Mereka merupakan band indie korea yang kurang booming jg tapi kualitasnya bagus banget. Jujur ini lagu fav entah itu buat nugas ataupun lagi ngegalau ..

Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang selalu mengingat sesuatu ketika hujan dan kenangan itu selalu ada dalam pikiran dia..

Link youtube :  https://www.youtube.com/watch?v=HDYAGD2TTcQ

 

 

  1. Naul – Memory of the wind

Aku pertama denger lagu ini di acara mask of singer dan itu kepo siapasih yang nyanyi. Dan ternyata Noel toh.. dia jg termasuk band ballad yang terkenal disana. Asli pertama denger lagu ini nangis, entah kenapa kaya merindukan seseorang yaitu kakek aku.. Lagu ini berisi tentang seseorang yang merindukan orang yang ‘telah tiada’ dan dia selalu menyampaikan pesan kerinduan kepada angin. Entah lagu ini untuk sepasang kekasih, maupun untuk orang tua, ataupun lainnya.. lagu ini cocok banget kamu dengerin buat ngerewind ulang kenangan kalian..

Link youtube : https://www.youtube.com/watch?v=f5ShDNOqq1E

 

 

  1. Lee Seung gi – Return

Aku pertama kali denger lagu ini dari album Lee seunggi itu sendiri. Selain aktor dia suaranya bagus pake banget!. di lagu ini emang liriknya diulang-ulang terus sih ya seperti judul lagunya. But, ketika denger lagu ini kaya kenangan yang entah dari mana tiba tiba lewat gitu dibenak kita. Kalo akusih begitu.. kalo kamu?

Link youtube : https://www.youtube.com/watch?v=Xw0URnMrFV8

 

  1. Urban Zakapa – My love

Pertama kali denger lagu ini sih dari iseng ngedengerin semua lagu urban zakapa. Aku langsung suka sama lagu ini karena akustikan gitu. Dan ternyata setelah ubek ubek liriknya itutuh sama kaya tema yang akan aku bawa ini. Jadi , lagu ini kaya mengingat kembali ketika sepasang kekasih yang masih mencintainya gitulohh

Link youtube : https://www.youtube.com/watch?v=bP3JtXjPfQo

 

  1. Kim Jong Wan of NELL – The Memory of That Day

Pertama kali denger lagu ini tuh dari dramanya Ji Changwook yang Suspicious Partner. Dengan lagunya sedikit rock dan juga agak pop ini sukses buat yang gamon gamon bakalan kepikiran sesuatu tentang seseorang deh wkwkw. Dari liriknya emang menggambarkan tema dari yang aku ambil ini. Ohh iya! Yang nyanyi jg member NELL lho yang seagency sama INFINITE!

Link  youtube : https://www.youtube.com/watch?v=Z_wa0Tr33bY

 

  1. Crush – Don’t Forget (ft Taeyeon)

Pertama kali denger lagu ini dari tv, emang lagu ini booming banget di korea nih geng. Gak di caffee ataupun di mall tetep aja denger lagu ini. Dan lagu ini kaya sesuai sama tema yang akan aku bawain disini.. jadi lagu ini kaya buat ‘ingetin’ seseorang bahwa walaupun kita udh ga bersama tp kenangan itu gabakalan ilang gitu aja .. apalagi suaranya taeyeon duhh duhhh

Link youtube : https://www.youtube.com/watch?v=TcytstV1_XE

 

  1. EXO – Sing For You

Pertama suka lagu ini langsung suka banget, jangan diliat ada kris sama luhan sama tao ya. Lagu ini juga kaya memanggil kenangan aku berasa ahh intinya itulah *gbs berkata-kata hihihi

Link youtube : https://www.youtube.com/watch?v=yVLxRXoLaas

 

  1. BEAST – When I Miss you

Pertama kali denger lagu inituh pas temen gua yang notabenenya dia itu beauty saat itu. Dia ngeplay lagu ini. Sumpah ini lagu beast yang gabakalan bosen didengerin. Lagu ini cocok banget ya pas ujan ujan minum coklat panas trus mikirin mantan /plak. Intinya kalo aku dengerin lagu ini kaya kenangan kenangan kaya ke rewind lagi gitu ke otak :”)

Link youtube : https://www.youtube.com/watch?v=j0br9xiWI_0

 

  1. SHINee- An Ode To You

Lagu ini emang fav aku ya dari semua lagu ballad. Apalagi artinya yang menurut akutuh masuk banget di tema ini.. but.. ah sudahlah kalian denger lagu aja.. lebih tepatnya aku kangen sama jonghyun oppa ….

Link youtube : https://www.youtube.com/watch?v=ueZp0HW3Ccw

Diposkan pada truestory

YOU DID WELL JONGHYUN OPPA!

 

Kembali lagi setelah hiatus lama dikarenakan liburan kuliah..

Ada kabar yang awalnya bikin gua kaget setengah mati dan gua sampe sekarang juga gapercaya dengan adanya berita ini.. but .. sekali lagi kenyataan membuka mata gua .. dan gua sadar ini emang benar-benar terjadi.

Dari semua temen-temen gua. Dari awal mereka tau banget kalo gua salah satu fans dari SHINEE terutama minho. Udh lama banget gua ngestand mereka. Baru kali ini sayang se sayang sayangnya sama bb dari korea ini.

Ga ngerti lagidah. Setiap galau dengernya lagu mereka, seneng jg lagu mereka. Bahkan ngeliat tingkah mereka yang layaknya moodbooster bagi kehidupan gua ini. Ya.. bener kata jonghyun.. walaupun kita mempunyai bahasa yang berbeda, tapi kita mempunyai music, music yang mempersatukannya.

Bahkan sampe sekarang 13/01/2018 gua masih nangis setiap gua denger lagunya dia. Dari semua lagunya yang gua suka ya ‘end of a day’

Pada tanggal 18/12/2017 merupakan hari dimana gua jadi orang paling ah sudahlah gimana. Ketika gua baru pulang kerja dan gua kan kuliah. Gua selalu jalan di deket lampu merah buat nunggu temen gua. Dan gua selalu ngecek hp entah untuk balas chat, atau gak ya emang gua search berita berita gitu.

Awalnya di grup chat shinee gua yang ada di whatsapp ya biasa aya. Selalu seneng bahkan sering sharing dan kasih meme fav. But awalnya gua mikir ko grup sepia mat. Dan DEGDEGDEG OA line banyak banget yang bilang Jonghyun SHINEE. Disitu gua kaya ‘DEG’ jantung gua sakit banget bahkan ampe gabisa napas.

Gua gabisa nerima kenyataan ini, gua akhirnya searching, dan sampe akhirnya sebelum berita bertebaran kalo dia meninggal, ada shawol di twitter kalo dia masih hidup dan detak jantungnya ada tp melemah. Disitu gua ga ngerti lagi..

Sampe akhirnya gua gbs napas trus tbtb gua nangis, dan itu kejer banget. Gua ga tau tp tangisan gua semakin keras dan kemudian sahabat gua dating trus kaget liat gua nangis kejer kaya gitu. Dan dia awalnya shock dia kira jonghyun cnblue-_-

Dari situ gua masih nangis, sampe ke kampus temen temen gua pada cheerup gua yang kaya ‘ya allah, yaya yang tabah ya’ kaya gua bener bener ada di kehidupan nyata gua.

Sampe akhirnya gua banyak ngelamun dikantor dank arena awalnya gua tipe manusia yang moody plus apa apa itu mewek yaudalah. Untuk makan sih gua bisa makan.

Setelah gua search dan berita bermunculan. Jonghyun ini memang bunuh diri. Jujur gua masih kaya, ‘buat apa oppa.. kenapa.. kenapa..’ but, sampe akhirnya gua merenung kalo sifat gua, sifat onew sama sifat alm jonghyun ternyata sama.

Ketika manusia dengan tipe seperti kita ini mengekspektasi tentang sesuatu hal, dan ketika kita merealisasikan tidak kesampaian. Yaudah kita kaya ngerasa ‘kenapa seperti ini, kenapa’ sampe akhirnya kita kepikiran terus dan ngebuat pikiran kita kaya ‘apa kita bisa? Apa emang harus kaya gini, kenapa gagal?’ nyalahin diri kita sendiri atas kegagalan kita, turus kaya merasa bersalah.. rasa itu terus ada.. dan terus membesar..

Kadang, didepan keluarga ataupun temen temen ya orang macam alm sering bikin guyonan, tapi ya gitu rentan terbully kaya lucu lucuan gitulho.. trus karena tipenya periang, dan lebih terkenal ‘hebring’ sampe kita gatau kalo sebenernya itu cuma ‘klise’ untuk menutupi semua itu.

Seperti di keramaian, kita beradaptasi agar diterima dalam masyarakat, tetapi setelah semuanya usai. Semuanya sepi.. sendiri.. dan orang seperti ini dan saya jg bingung. Apalagi yang harus dilakukan agar kesepian ini terus pergi? Ntahlah..

Gua juga melihat Alm. Jonghyun oppa jg orang yang sangat perfeksionnis dan juga lebih sering menghawatirkan sesuatu yang kecil dan juga pemikir yang ulung dibandingin member-membernya yang lain setelah onew shine..

Perlu banyak untuk merenung, untuk pencapaian yang ingin diraih maupun yang sudah ia raih selama ini.

But, miracle is another name of hardwork

Untuk Jonghyun oppa..
Terimakasih..

Terimakasih untuk selalu berada di SHINEE, terimakasih sudah menginspirasi orang-orang disekitar oppa, termasuk shawol.

Oppa udh bekerja keras, SANGAT SANGAT bekerja keras. Dan lihat? Usaha oppa selama ini membawa hasil yang sangat-sangat memuaskan.

Dengan lagumu, entah ciptaanmu, ‘breath’ maupun ‘end of a day’ maupun semua lagu oppa. Sepertinya kita mempunyai selera music yang sama. Lebih cenderung akustik dan cenderung mellow.

Sekarang, dan selamanya.. aku cuma bisa denger suara oppa dari rekaman ini. Jujur, aku nyesel kenapa aku ga ngeh oppa begitu menderita. Oppa menunggu orang yang khawatir dengan oppa tanpa oppa bilang, oppa ingin mengeluarkan apa yang selama ini di unek unekkan.

Aku masih inget gimana oppa upload di twitter dengan foto alat pijatnya. Karena dari dulu oppa seneng banget kalo dipijit, sampe iri dipinjem hihi..

Untukmu oppa, yang selalu tersentuh dan terharu dengan hal-hal yang kecil. Yang selalu nangis pertama setelah key di konser yang selalu dipeluk sama minho buat nenangin oppa..

Gimana pas konser oppa ga neko neko buat serahin badan oppa buat dipegang oleh shawol yang sukses bikin fans international Cuma bisa gigit jari. Dan gimana cara talk deket dengan shawol dengan segala gombalannya yang khas..

Oppa .. semoga oppa bahagia ya disana..

di agama aku emang itu gabaik, but aku gbs berbuat apa apa tentang hal itu.

Oppa, kamu telah berusaha keras.

Bahkan oppa bisa membuat orang-orang respect dan mengambil pelajaran dengan peristiwa ini.. gimana fans, bahkan temen terdeket oppa sangat sedih.

Oppa, (gatau gimana ini udh nangis)

Gomawo..

SHINEE ALWAYS 5 ALWAYS!

Gaada yang bisa gantiin posisi oppa, apapun itu..

 

 

Terimakasih