Diposkan pada Tak Berkategori

[ASK] PENYEBAB KAKI BENGKAK KETIKA KITA BERLAMA-LAMA DUDUK?

Hai semua!

Hari ini gua akan membahas sesuatu nih.
gua ngebahas ini karena emang keresahan gua yang setiap gua duduk lama itu kaki gua kaya tebas dan juga agak bengkak itu karena emang gua kebanyakan duduk ketika dikantor, dan juga kemaren habis perjalanan jauh kan..

Semoga tulisan ini menambah wawasan ya, buat kalian yang baca ini. Siapa? Iya kamu ~ /ala dodit

Dijaman sekarang ini yaitu kaum milennium, banyak sekali orang yang melakukan aktivitas. Entah itu kerja, kuliah, sekolah, bahkan dalam perjalananpun. Kita selalu melakukan aktivitas yang kebanyakan duduk.

Dan sesuatu yang terlalu banyak itu emang ga baik ya. Apalagi terlalu banyak duduk. Jika kalian belum tau nih. Terlalu banyak duduk bahayanya itu serem banget, penyakit jantung, stroke, bahkan kematian dini. Serem kan? Hii

Tapi bukan itu juga lho, terlalu banyak duduk juga bikin kita jadi cepat gemuk, dan juga pembengkakan pada kaki. What? Kenapa bisa nyambung ke kaki?

Dilangsir dari kompas.com dan juga singhealth.sg.id pembengkakan kaki yang terjadi ketika kita duduk lama karena perjalanan jauh, terlalu lama di depan komputer. Itu disebabkan karena peredaran darah ke kaki itu tidak lancar. Yang menyebabkan pembekuan darah atau dalam bahasa kedokterannya itu disebut trombosis.

 Dokter Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Hematologi Onkologi Medik Cosphiadi Irawan menambahkan, selama 90 menit kaki tidak bergerak saja bisa menyebabkan aliran darah tidak lancar.

Trus kalo udah bengkak itu digimanain dong?

Solusinya beragam. Kalo kalian pulang kerja trus kerumah kaki kalian masih bengkak.

DO!

  1. Kalian bisa taruh kaki kalian di baskom eh apa ya bahasa sopannya. Trus kalian celupkan kaki kalian di air hangat alias suam-suam kuku jg gapapa. Trus tambahkan garam atau bisa juga tambah aromatherapy juga. Tp mending garam ajadeh baru untuk aromatherapy kalian nyalain lilin aja ya^^

Itu saran dari gua dan emang terbukti agak kempesan. Buat kalian yang insom juga bisa juga lho. Efeknya jadi relax gitu karena seharian kalian sibuk tuh ya syukur-syukur paginya bangun-bangun kalian seger badannya ~

 

Ada saran lagi? Ohhh tentu ada dong!

  1. Kalo emang kalian ngerasa kaki kalian kebas gitu. Dan kalian SIBUK BANGET sehingga keluar bangku aja rasanya mager. Cobadeh kalian ngeregangin kaki kalian kaya gerakan memutar-mutar pergelangan kaki, mengangkat paha, berdiri, atau berjalan-jalan. Senam ringan bisa dilakuin dimana ajakok. Kalo kalian lagi nunggu busway mau pulang ngantor, di kampus kalo lagi senggang, bahkan di kantor kalian bisa ngelakuin ini. Bisa juga massage atau pijat-pijat dikit tuh kakinya. Pijat manjahh uuchh uchhh /skip -_-

 

  1. Atau kalian bisa berdiri jalan-jalan gitu sebentar bolak balik aja. Kalo ga, untuk kalian yg dikantor ada dispenser dan itu jauh banget. ya pura-pura aja gitu ambil air gitu. Selain meminimalisir kaki kalian bengkak, kalian jg banyak minum air putih dan itu banyak banget lho manfaatnya itu jg bisa buat melancarkan darah kalian juga!.

 

  1. Kalau kalian sedang dalam perjalanan jalur darat, laut, atau udara yang memakan waktu seharian. Kalian usahakan untuk berdiri ya. Bisa jalan jalan sekitar koridor(?). Sekali lagi biar peredaran darah kalian lancar

 

KESIMPULAN! 

Kaki bengkak ini disebabkan trombosis yaitu pembekuan darah yang disebabkan karena peredaran kaki tidak berjalan dengan semestinya.

 

 

Iklan

Penulis:

Rabbiyatul Addawiyah 10 May 97, Institute of STIAMI , Tax Division of PPLA Company Love Accoustic, Food, and Art

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s