Diposkan pada Tak Berkategori

ARTI KEMERDEKAAN BAGI SAYA

Dikarenakan kemarin pada tanggal 17 agustus merayakan dirgahayu RI yang ke 72. Kali ini saya akan membahas sedikit tentang kemerdekaan.

Arti kemerdekaan berdasar pada kata ‘merdeka’ yang dikutip dari seputar arti yaitu

“Merdeka adalah terbebas dari segala macam belenggu. aturan, dan kekuasaan dari pihak tertentu. Merdeka merupakan sebuah rasa kebebasan bagi makhluk hidup untuk mendapatkan hak dalam berbuat sekehendaknya

Dalam sebuah negara, merdeka berarti bebas dari belenggu, kekuasaan dan aturan penjajah. Merdeka dapat dibagi menjadi dua. Pertama adalah merdeka tanpa syarat dan kedua adalah merdeka bersyarat.”

Tapi..

Apa sih arti kemerdekaan bagi kalian?

Bagi saya tidak usah jauh jauh sampai ke negara bagaimana negara bebas dari kemiskinan blablabla. Tapi saya mengambil contoh kecil dari apa yang saya alami dan saya pelajari dari dulu sampai saat ini.

Arti kemerdekaan menurut saya itu..

Ketika saya bisa melihat langit tanpa merasakan adanya beban. Bisa menghidup udara bebas dari asap rokok. Bisa berteduh dikala kepanasan dan kehujanan. Bisa tidur nyenyak dengan lelapnya dimalam hari. Berbeda dengan orang yang banyak pikiran dan mereka tidak bisa tidur dengan layak. Kemerdekaan itu.. Bisa makan dengan tenang tanpa adanya kebisingan dan ancaman. Tidak seperti negara lain yang sekarang tertimpa bencana dan peperangan. Merdeka itu dimana saya sebagai perempuan nyaman ketika jalan sendirian tanpa adanya konfrontasi atau apapun yang suatu saat menimpa para perempuan khususnya ketika berada di angkutan umum. Kemerdekaan itu ketika libur bekerja disaat tanggal merah. Dimana orang lain sibuk bekerja dihari libur atau tanggal merah.

 

Itulah kemerdekaan bagi saya sendiri.

Bagaimana denganmu?

 

Dirgahayu INDONESIA yang ke 72

Semoga indonesia menjadi lebih baik dan semoga menjadi inspirasi bagi negara lain. Karena menjadi inspirasi bagi negara lain, kita menjadi bagus dari sisi ekonomi dll

 

 

Terimakasih

Penulis:

Rabbiyatul Addawiyah 10 May 97, Institute of STIAMI , Tax Division of PPLA Company Love Accoustic, Food, and Art

2 tanggapan untuk “ARTI KEMERDEKAAN BAGI SAYA

  1. Menurut saya kemerdekaan adalah sebuah kebebasan dalam hal apapun tanpa ada paksaan atau rasa takut dari pihak pihak tertentu, tetapi masih mengenal batasan yang namanya norma. Bebas bukan berarti bebas semau kita, melainnya bebas yang terarah, terpimpin dan tidak mengganggu ketenangan orang lain/ ketentraman negara.

    dimanapun kita menginjakkan kaki pasti ada peraturan yang harus dipatuhi, karna dengan banyaknya pola pikir manusia yang bermacam-macam bentuknya, dibutuhkan sebuah aturan agar kita semua bisa belajar untuk saling menghormati, saling menghargai dan saling mengasihi.

    Bebas berkreativitas,bebas berpendapat, bebas berperilaku tetapi tetap mau mempertanggungjawabkan semua hal yang kita lakukan

    Itulah arti kebebasan menurut saya
    Thank

    UNTUK HUT RI KE – 72, SAYA MENGHARAPKAN SEMUA YANG TERBAIK UNTUK INDONESIA 🙂

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

